Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin
Kompetensi Dasar : 1.1. Menampilkan bacaan QS at-Tin dengan tartil dan benar
Indikator • Membaca surat at-Tin dengan fasih
• Menyalin surat at-Tin dengan benar
• Hafal surat at-Tin dengan lancar
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca surat at-Tin dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Materi Pembelajaran
• Surat at-Tin
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tutor sebaya
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
• Guru mendemonstrasikan bacaan surat at-Tin.
• Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
• Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen
• Tes identifikasi
Instrumen
Bacalah surat at-Tin dengan fasih, kemudian hafalkan!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin
Kompetensi Dasar : 1.2. Menyebutkan arti QS at-Tin
Indikator • Membaca arti mufradad surat at-Tin
• Mengartikan surat at-Tin
• Menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca arti mufradad surat at-Tin, mengartikan surat at-Tin, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin.
Materi Pembelajaran
• Arti mufradad surat at-Tin
• Arti surat at-Tin
• Kandungan ayat surat at-Tin
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
• Siswa membaca arti mufradad.
• Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
• Tutor sebaya menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
• VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes isian
• Tes uraian
Instrumen
1. Lafaz وطور سينين artinya ....
2. Lafaz لقد خلقنا artinya ....
3. Lafaz أحسن تقويم artinya ....
4. Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
5. Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin
Kompetensi Dasar : 1.3. Menyebutkan arti QS at-Tin
Indikator • Mensimulasikan sikap beramal shaleh
• Membiasakan diri bersikap beramal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah sikap beramal shaleh serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran
• ٍikap beramal shaleh
• Pembiasaan diri bersikap beramal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
Kegiatan Inti
• Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
• Siswa melaporkan kegiatannya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
• VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Penilaian diri
Bentuk Instrumen
• Lembar penilaian diri /skala sikap
Instrumen
Pernyataan Selalu Sering Jarang Tidak Pernah
Skor 0 Skor 1 Skor 2 Skor 3
1 Saya melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah
2 Ketika ulangan saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek
3 Ketika teman-teman merokok saya ikut-ikutan
4 Saya tidak usah berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT
5 Saya telat membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 2.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar : 2.1. Membaca hadits tentang menuntut ilmu
Indikator • Membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih
• Menyalin hadits tentang menuntut ilmu dengan benar
• Hafal hadits tentang menuntut ilmu dengan lancar
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Materi Pembelajaran
• Hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tutor sebaya
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
• Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih.
• Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
• Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen
• Tes identifikasi
Instrumen
Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, kemudian hafalkan!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 2.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar : 2.2. Menyebutkan arti hadits tentang menuntut ilmu
Indikator • Membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu
• Mengartikan hadits tentang menuntut ilmu
• Menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu, mengartikan hadits tentang menuntut ilmu, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
Materi Pembelajaran
• Arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu
• Arti surat hadits tentang menuntut ilmu
• Kandungan hadits tentang menuntut ilmu
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
• Siswa membaca arti mufradad.
• Siswa berlatih mengartikan hadits tentang menuntut ilmu berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
• Tutor sebaya menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
• VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes isian
• Tes uraian
Instrumen
1. Lafaz النظافة artinya ....
2. Lafaz من الإيمان artinya ....
3. Lafaz نظيف artinya ....
4. Tulislah arti hadits tentang menuntut ilmu yang menyatakanbahwa menuntut ilmu itu sebagian dai iman!
5. Tulislah artinya!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 2.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami al-Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar : 2.3. Menyebutkan hadits tentang menuntut ilmu
Indikator • Mensimulasikan sikap menjaga menuntut ilmu
• Membiasakan diri menjaga menuntut ilmu
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah menjaga menuntut ilmu serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran
• Sikap menjaga menuntut ilmu.
• Pembiasaan diri menjaga menuntut ilmu.
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
Kegiatan Inti
• Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
• Siswa melaporkankegiatannya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
• VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Penilaian diri
Bentuk Instrumen
• Lembar penilaian diri skala sikap
Instrumen
Pernyataan Selalu Sering Jarang Tidak Pernah
Skor 0 Skor 1 Skor 2 Skor 3
1 Saya memakai pakaian yang bersih dan rapi
2 Ketika akan shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci
3 Saya mandi sehari paling tidak dua kali
4 Saya memotong kuku seminggu sekali
5 Ketika melihat sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 3.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Dasar : 3.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Hari Akhir
Indikator • Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir
• Menjelasakan kehidupan dunia yang bersifat sementara
• Menjelasakan fungsi beriman kepada hari akhir dalam kehidupan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengimani hari akhir, menjelasakan kehidupan dunia hanya sementara, serta menjelaskan fungsinya.
Materi Pembelajaran
• Pengertian iman kepada hari akhir
• Kehidupan dunia yang bersifat sementara
• Fungsi beriman kepada hari akhir dalam kehidupan
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami iman kepada hari akhir.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).
Kegiatan Inti
• Guru memberikan gambaran mengenai dhsyatnya hari akhir.
• Siswa berlatih membaca dalil naqli mengenai hari akhir dengan metode tutor sebaya.
• Siswa berdiskusi tentang kehidupan dunia yang hanya sementara.
• Siswa menelaah lebih mendalam mengenai fungsi beriman kepada hari akhir..
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelaskan pengertian iman kepada hari akhirl!
2. Ceritakan kejadian hari akhir!
3. Tulislah ayat tentang hari akhir!
4. Jelaskan tanda-tanda hari akhir!
5. Jelasakan fungsi beriman kepada hari akhir!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 3.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Dasar : 3.2. Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir
Indikator • Membaca dan mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir
• Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca dan mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir dan adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia.
Materi Pembelajaran
• Dalil naqli dan aqli tentang hari akhir
• Dalil naqli tentang adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Diskusi
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Aprsepsi
Kegiatan Inti
• Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan dengan ahri akhir.
• Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan metode tutor sebaya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Unjuk kerja
Bentuk Instrumen
• Tes identifikasi
Instrumen
Bacalah ayat berikut ini yang menjelaskan tentang hari akhir!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 3.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Dasar : 3.3. Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
Indikator • Membiasakan diri tadarus al-Qur'an
• Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa membiasakan diri tadarus al-Qur'an dan berperilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an.
Materi Pembelajaran
• Tadarus al-Qur'an
• Perilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an
Metode Pembelajaran
• Penugasan
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Aprsepsi
Kegiatan Inti
• Guru memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah kegiatan tadarus al-Quran.
• Siswa melakaukan kegiatan tadarus di rumah selama satu minggu.
• Siswa mendeskripsikan kesan-kesannya.
• Siswa melaporkan hasil kegiatannya secara tertulis.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Penilaian diir
Bentuk Instrumen
• Lembar penilaian diri
Instrumen
Lakukan tadrus al-Quran selama stu minggu dan buatlah laporan serta tulislah kesan yang kamu rasakan selama melaksanakan kegiatan tadarus!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 4.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.1. Menjelaskan pengertian tasamuh
Indikator • Menjelaskan pengertian tasamuh
• Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang tasamuh
• Menjelaskan fungsi tasamuh dalam kehidupan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan tasamuh, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
Materi Pembelajaran
• Pengertian n tasamuh
• Dalil naqli tentang tasamuh
• Fungsi tasamuh dalam kehidupan
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
• Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian tasamuh.
• Siswa menelaah lebih dalam mengenai tasamuh.
• Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang tasamuh dengan metode tutor sebaya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelaskan pengertian qanaah!
2. Jelakan pengertian tasamuh!
3. Jelaskan ciri-ciri qana’ah!
4. Apakah fungsi qanaah?
5. Tulislah dalil naqli tentang tasamuh!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 4.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.2. Menampilkan contoh perilaku tasamuh
Indikator • Menyebutkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan
• Menunjukkan sikap senang berperilaku tasamuh dalam kehidupan
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan dan menyukainya.
Materi Pembelajaran
• Contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan.
Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Diskusi
• Penugasan
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
• Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
• Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku tasamuh dalam kehidupan.
• Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Ceritakan contoh penerapan tasamuh!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 4.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.3. Membiasakan perilaku tasamuh.
Indikator • Membiasakan diri berperilaku tasamuh dalam kehidupan.
• Merasakan manfaat berperilaku tasamuh dalam kehidupan.
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membiasakan diri berperilaku tasamuh dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Materi Pembelajaran
• Pembiasaan perilaku tasamuh dalam kehidupan
• Manfaat berperilaku tasamuh dalam kehidupan
Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Modeling
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
• Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
• Siswa melakukan simulasi perilaku tasamuh.
• Siswa menuliskan kesan-kesannya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Unjuk kerjas
Bentuk Instrumen
• Tes simulasi
Instrumen
1. Simulasikan sikap anak yang toleran terhadap kawannya yang bukan muslim!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 5.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
Kompetensi Dasar : 5.1. Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan
Indikator • Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan
• Menyebutkan syarat-syarat penyembelihan.
• Menunjukkan dalil naqli tentang penyembelihan hewan.
• Menyebutkan hal-hal yang makruh dalam menyembelih.
• Menjelasakan tatacara menyembelih hewan.
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian, syarat-syarat, hal-hal yang makruh, dalil naqli, dan tatacara penyembelihan hewan.
Materi Pembelajaran
• Pengertian penyembelihan hewan
• Syarat-syarat penyembelihan.
• Dalil naqli tentang penyembelihan hewan.
• Hal-hal yang makruh dalam menyembelih.
• Tatacara menyembelih hewan.
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
• Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelasakan pengertian zakat!
2. Sebutkan macam-macam zakat!
3. Berapa besarnya zakat fitrah?!
4. Kapan waktu pelaksanaan zakat fitrah!
5. Jelaskan nisab zakat mal!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 5.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
Kompetensi Dasar : 5.2. Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban
Indikator • Menjelaskan pengertian qurban.
• Menunjukkan dalil naqli hukum pelaksanaan qurban..
• Menjelasakan waktu pelaksanaan qurban.
• Menyebutkan ketentuan hewan qurban
• Menjelasakan pembagian daging qurban.
• Menjelasakan pengertian aqiqah
• Menunjukkan dalil naqli hukum pelaksanaan aqiqah.
• Menjelasakan waktu pelaksanaan aqiqah.
• Menyebutkan ketentuan hewan aqiqah.
• Menjelasakan pembagian daging aqiqah.
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelasakan ketentuan aqiqah dan qurban.
Materi Pembelajaran
• Pengertian qurban.
• Dalil naqli hukum pelaksanaan qurban..
• Waktu pelaksanaan qurban.
• Ketentuan hewan qurban
• Pembagian daging qurban.
• Pengertian aqiqah
• Dalil naqli hukum pelaksanaan aqiqah.
• Waktu pelaksanaan aqiqah.
• Ketentuan hewan aqiqah.
• Pembagian daging aqiqah.
Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Diskusi
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
• Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
• Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelasaan perbedaan pengertian zakat fitrah dan mal!
2. Sebutkan perbedaan ketentuan zakat fitrah dan mal!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 5.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
Kompetensi Dasar : 5.3. Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
Indikator • Menghafalkan doa/lafaz sebelum menyembelih binatang.
• Mempraktikkan cara menyembelih binatang qurban dan aqiqah.
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
Materi Pembelajaran
• Doa/lafaz sebelum menyembelih binatang.
• Praktik cara menyembelih binatang qurban dan aqiqah.
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
• Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima zakat.
• Siswa mengklasifikasi danmenjelasakan orang-orang yang berhak menerima zakat.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelasakan orang-orang yang berhak menerima zakat!
2. Tulislah dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima zakat!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 6.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 6. Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah
Kompetensi Dasar : 6.1. Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah
Indikator • Menjelaskan pengertian haji dan umrah.
• Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang haji dan umrah.
• Menyebutkan hukum melaksanakan ibdah haji dan umrah.
• Menjelasakan syarat-syarat haji dan umrah.
• Menyebutkan rukun haji dan umrah.
• Menyebutkan wajib haji dan umrah.
• Menyebutkan sunah haji dan umrah
• Menyebutkan larangan bagi orang yang melaksanakan haji dan umrah.
• Menyebutkan dam dalam haji dan umrah.
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mamahami ketentuan haji dan umrah.
Materi Pembelajaran
• Pengertian haji dan umrah.
• Dalil naqli tentang haji dan umrah.
• Hukum melaksanakan ibdah haji dan umrah.
• Syarat-syarat haji dan umrah.
• Rukun haji dan umrah.
• Wajib haji dan umrah.
• Sunah haji dan umrah
• Larangan bagi orang yang melaksanakan haji dan umrah.
• Dam dalam haji dan umrah.
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
• Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelasakan pengertian zakat!
2. Sebutkan macam-macam zakat!
3. Berapa besarnya zakat fitrah?!
4. Kapan waktu pelaksanaan zakat fitrah!
5. Jelaskan nisab zakat mal!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 6.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 6. Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah
Kompetensi Dasar : 6.2. Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah
Indikator • Menjelasakan bentuk-bentuk pelaksanakan ibadah haji dan umrah
• Memperagakan manasik haji dan umrah
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Materi Pembelajaran
• Bentuk-bentuk pelaksanakan ibadah haji dan umrah
• Manasik haji dan umrah
Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Diskusi
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
• Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
• Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelasaan perbedaan pengertian zakat fitrah dan mal!
2. Sebutkan perbedaan ketentuan zakat fitrah dan mal!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 7.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara
Kompetensi Dasar : 7.1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
Indikator • Menjelasakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
• Menjelasakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui kegiatan sosial.
• Menjelasakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran.
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
Materi Pembelajaran
• Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
• Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui kegiatan sosial.
• Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran.
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• Diskusi
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya kerja keras seperti yang dilakukan Nabi.
Kegiatan Inti
• Guru menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan perekonomian
• Siswa menelaah lebih dalam mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun sistem perdagangan yang menjunjung nilai-nilai kejujuran.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Ceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan!
2. Ceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui kegiatan sosial!
3. Ceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 7.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara
Kompetensi Dasar : 7.2. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
Indikator • Menjelasakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
• Menjelasakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatera
• Menjelasakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.
Materi Pembelajaran
• Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
• Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatera
• Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi
Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Diskusi
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
• Siswa menyaksikan VCD sejarah hijrah nabi ke Madinah dan perjuangan Nabi dan para sahabat periode Madinah.
• Siswa menyusun sinopsis.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Tulislah sinopsis sejarah nabi dan para sahabat setelah hijrah ke Madinah!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 8.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar : 8.1. Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar
Indikator • Membaca surat al-Insyirah dengan fasih
• Menyalin surat al-Insyirah dengan benar
• Hafal surat al-Insyirah dengan lancar
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca surat al-Insyirah dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Materi Pembelajaran
• Surat al-Insyirah
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tutor sebaya
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
• Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
• Guru mendemonstrasikan bacaan surat al-Insyirah.
• Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
• Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen
• Tes identifikasi
Instrumen
Bacalah surat al-Insyirah dengan fasih, kemudian hafalkan!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 8.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar : 8.2. Menyebutkan arti QS Al-Insyirah
Indikator • Membaca arti mufradad surat al-Insyirah
• Mengartikan surat al-Insyirah
• Menjelaskan kandungan ayat surat al-Insyirah
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca arti mufradad surat al-Insyirah, mengartikan surat al-Insyirah, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat al-Insyirah.
Materi Pembelajaran
• Arti mufradad surat al-Insyirah
• Arti surat al-Insyirah
• Kandungan ayat surat al-Insyirah
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
• Siswa membaca arti mufradad.
• Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
• Tutor sebaya menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
• VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes isian
• Tes uraian
Instrumen
1. Lafaz اَلَمْ نَشْرَحْ artinya ....
2. Lafaz مَعَ الْعُسْرِ artinya ....
3. Lafaz يُسْرًا artinya ....
4. Tulislah arti surat al-Insyirah ayat 4!
5. Tulislah arti surat al-Insyirah ayat 4!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 8.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar : 8.3. Menyebutkan arti QS Al-Insyirah
Indikator • Mensimulasikan sikap berserah diri kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja
• Membiasakan diri bersikap pasrah kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah diri kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran
• Sikap berserah diri kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja.
• Pembiasaan diri bersikap pasrah kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja.
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
Kegiatan Inti
• Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
• Siswa melaporkan kegiatannya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
• VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Penilaian diri
Bentuk Instrumen
• Lembar penilaian diri /skala sikap
Instrumen
Pernyataan Selalu Sering Jarang Tidak Pernah
Skor 0 Skor 1 Skor 2 Skor 3
1 Saya melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah
2 Ketika ulangan saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek
3 Ketika teman-teman merokok saya ikut-ikutan
4 Saya tidak usah berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT
5 Saya telat membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 9.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 9. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan
Kompetensi Dasar : 9.1. Membaca hadits tentang kebersihan
Indikator • Membaca hadits tentang kebersihan dengan fasih
• Menyalin hadits tentang kebersihan dengan benar
• Hafal hadits tentang kebersihan dengan lancar
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca hadits tentang kebersihan dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Materi Pembelajaran
• Hadits tentang kebersihan dengan fasih
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tutor sebaya
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
• Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang kebersihan dengan fasih.
• Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
• Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen
• Tes identifikasi
Instrumen
Bacalah hadits tentang kebersihan dengan fasih dengan fasih, kemudian hafalkan!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 9.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 9. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan
Kompetensi Dasar : 9.2. Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan
Indikator • Membaca arti mufradad hadits tentang kebersihan
• Mengartikan hadits tentang kebersihan
• Menjelaskan kandungan hadits tentang kebersihan
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang kebersihan, mengartikan hadits tentang kebersihan, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang kebersihan.
Materi Pembelajaran
• Arti mufradad hadits tentang kebersihan
• Arti surat hadits tentang kebersihan
• Kandungan hadits tentang kebersihan
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
• Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
• Siswa membaca arti mufradad.
• Siswa berlatih mengartikan hadits tentang kebersihan berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
• Tutor sebaya menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
• VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes isian
• Tes uraian
Instrumen
1. Lafaz النظافة artinya ....
2. Lafaz من الإيمان artinya ....
3. Lafaz نظيف artinya ....
4. Tulislah arti hadits tentang kebersihan yang menyatakanbahwa kebersihan itu sebagian dai iman!
5. Tulislah artinya!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 9.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 9. Memahami al-Hadits tentang kebersihan
Kompetensi Dasar : 9.3. Menyebutkan hadits tentang kebersihan
Indikator • Mensimulasikan sikap menjaga kebersihan
• Membiasakan diri menjaga kebersihan
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah menjaga kebersihan serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran
• Sikap menjaga kebersihan.
• Pembiasaan diri menjaga kebersihan.
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
Kegiatan Inti
• Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
• Siswa melaporkankegiatannya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
• VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Penilaian diri
Bentuk Instrumen
• Lembar penilaian diri skala sikap
Instrumen
Pernyataan Selalu Sering Jarang Tidak Pernah
Skor 0 Skor 1 Skor 2 Skor 3
1 Saya memakai pakaian yang bersih dan rapi
2 Ketika akan shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci
3 Saya mandi sehari paling tidak dua kali
4 Saya memotong kuku seminggu sekali
5 Ketika melihat sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 10.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan qadar
Kompetensi Dasar : 10.1. Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar
Indikator • Menjelaskan pentingnya beriman kepada qadha dan qadar
• Menyebuitkan ciri-ciri orang yang beriman kepada qadha dan qadar
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pentingnya beriman kepada qadha dan qadar dan menyebuitkan ciri-ciri orang yang beriman kepada qadha dan qadar.
Materi Pembelajaran
• Pentingnya beriman kepada qadha dan qadar
• Ciri-ciri orang yang beriman kepada qadha dan qadar
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apresepsi
Kegiatan Inti
• Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya iman kepada qadha dan qadar.
• Siswa berdiskusi dan menelaah ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelasakan ciri-ciri orang yang beriman kepada qadha dan qadar!
2. Bagaimana pendapatmu mengenai sikap berputus asa?
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 10.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan qadar
Kompetensi Dasar : 10.2. Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar
Indikator • Menjelasakan pengertian qadha dan qadar
• Menjelasakan hubungan antara qadha, qadar dan takdir
• Menjelasakan bahwa kejadian yang baik dan buruk merupakan takdir Allah
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelasakan pengertian qadha dan qadar dan menjelasakan hubungan antara keduanya serta meyakini bahwa kejadian yang baik dan buruk merupakan takdir Allah.
Materi Pembelajaran
• Pengertian qadha dan qadar
• Hubungan antara qadha, qadar dan takdir
• Kejadian yang baik dan buruk merupakan takdir Allah
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Diskusi
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Aprsepsi
Kegiatan Inti
• Guru memberikan penjelasan mengenai pengertian qadha dan qadar.
• Siswa menelaah, mencari dan menemukan hubungan antara qadha dan qadar.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelaskan pengertian qadha!
2. Jelasakan pengertian qadar!
3. Apa hubungan antara qadha dan qadar?
4. Sebutkan contoh qadha!
5. Sebutkan contoh qadar!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 10.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan qadar
Kompetensi Dasar : 10.3. Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari
Indikator • Membedakan pengertian takdir muallak dan mubram
• Menyebutkan contoh-contoh takdir muallaq dan mubram
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membedakan takdir muallak dan mubram dan menyebutkan contoh-contohnya.
Materi Pembelajaran
• Perbedaan takdir muallak dan mubram
• Contoh-contoh takdir muallaq dan mubram
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Diskusi
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Aprsepsi
Kegiatan Inti
• Siswa mendiskusikan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
• Siswa melaporkan kegiatannya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelasakan pengertian takdir muallaq!
2. Jelaskan pengertian takdir mubram!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 10.4
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan qadar
Kompetensi Dasar : 10.4. Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadar
Indikator • Membaca dalil naqli tentang qadha dan qadar
• Mengartikan dalil naqli tentang qadha dan qadar
• Menjelasakan maksud dalil naqli tentang qadha dan qadar
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca, mengartikan dan menjelaskan maksud dalil naqli tentang qadha dan qadar.
Materi Pembelajaran
• Dalil naqli tentang qadha dan qadar
• Arti dalil naqli tentang qadha dan qadar
• Maksud dalil naqli tentang qadha dan qadar
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Diskusi
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Aprsepsi
Kegiatan Inti
• Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan dengan qadha dan qadar.
• Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan metode tutor sebaya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Unjuk kerja
Bentuk Instrumen
• Tes identifikasi
Instrumen
Bacalah ayat berikut ini yang menjelaskan qadha dan qadar!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 11.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 11. Menghindari Perilaku tercela
Kompetensi Dasar : 11.1. Menjelaskan pengertian perilaku takabur
Indikator • Menjelaskan pengertian takabur
• Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang takabur
• Menjelaskan akibat buruk takabur dalam kehidupan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mamahami takabur dengan membaca dan mengartikan dalil naqlinya serta memahami akibat buruknya.
Materi Pembelajaran
• Pengertian takabur
• Dalil naqli tentang takabur
• Akibat buruk takabur
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian takabur..
• Siswa menelaah lebih dalam mengenai takabur.
• Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang takabur dengan metode tutor sebaya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelasakan pengertian takabur!
2. Tulislah dalil naqli tentang takabur!
3. Apakah sebab-sebab takabur!
4. Jelasakan akibat buruk takabur!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 11.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 11. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar : 11.2. Menyebutkan contoh - contoh perilaku takabur
Indikator • Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan
• Menunjukkan sikap tidak senang berperilaku takabur dalam kehidupan
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami ciri-ciri pentakabur.
Materi Pembelajaran
• Ciri-ciri pendendam
• Ciri-ciri munafik
Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Diskusi
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
• Siswa berdiskusi untuk mencari ciri-ciri takabur.
• Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Sebutkan ciri-ciri pendendam !
2. Sebutkan ciri-ciri munafik!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 11.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 11. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar : 11.3. Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari
Indikator • Membiasakan diri berperilaku menjauhi takabur, dalam kehidupan
• Merasakan manfaat berperilaku menjauhi takabur dalam kehidupan
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menunjukkan sikap ingin menjauhi perilaku takabur serta membiasakan diri menjauhi perilaku takabur.
Materi Pembelajaran
• Menjauhi perilaku takabur
• Pembiasaan diri menjauhi perilaku takabur
Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• CTL
• Penugasan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
• Siswa berdiskusi tentang cara-cara menjauhi takabur.
• Siswa melaporakan hasilnya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Penilaian diri
Bentuk Instrumen
• Lembar penilaian diri
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 12.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
Kompetensi Dasar : 12.1. Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid
Indikator • Menjelaskan pengertian shalat sunnat berjamaah
• Menjelaskan pengertian shalat sunnat munfarid
• Menunjukkan dalil naqli tentang shalat sunah berjamaah dan munfarid.
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid serta menjelaskan ketentuannya.
Materi Pembelajaran
• Pengertian shalat jamaah dan munfarid
• Dalil naqli tentang keutamaan shalat jamaah
• Syarat-syarat shalat berjamaah
• Ketentuan imam dan makmum.
• Ketentuan makmum masbuk dan muwafiq
• Ketentuan shaf shalat berjamaah
• Halangan shalat jamaah
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat jamaah.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian, syarat-syarat, ketentuan menjadi imam, makmum shaf, serta ketentuan makmum masbuk dan muwafiq.
• Siswa menelaah lebih dalam mengenai keutamaan shalat berjamaah.
• Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang keutamaan shalat berjamaah.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelaskan pengertian shalat jamaah!
2. Jelaskan pengertian shalat munfarid!
3. Sebutkan syarat-syarat shalat jamaah!
4. Jelaskan ketentuan menjadi imam!
5. Uraikan keutamaan shalat jamaah!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 12.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
Kompetensi Dasar : 12.2. Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid
Indikator • Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah
• Menyebutkan contoh shalat sunnat munfarid
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid serta menjelaskan ketentuannya.
Materi Pembelajaran
• Pengertian shalat jamaah dan munfarid
• Dalil naqli tentang keutamaan shalat jamaah
• Syarat-syarat shalat berjamaah
• Ketentuan imam dan makmum.
• Ketentuan makmum masbuk dan muwafiq
• Ketentuan shaf shalat berjamaah
• Halangan shalat jamaah
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat jamaah.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian, syarat-syarat, ketentuan menjadi imam, makmum shaf, serta ketentuan makmum masbuk dan muwafiq.
• Siswa menelaah lebih dalam mengenai keutamaan shalat berjamaah.
• Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang keutamaan shalat berjamaah.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelaskan pengertian shalat jamaah!
2. Jelaskan pengertian shalat munfarid!
3. Sebutkan syarat-syarat shalat jamaah!
4. Jelaskan ketentuan menjadi imam!
5. Uraikan keutamaan shalat jamaah!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 12.3
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
Kompetensi Dasar : 12.3. Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari
Indikator • Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah
• Mempraktikkan shalat sunnat munfarid
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mempraktikkan shalat berjamaah, mensimulasikan shaf, makmum muwafiq, dan makmum masbuk.
Materi Pembelajaran
• Praktikkan shalat berjamaah.
• Simulasi shaf shalat jamaah dengan satu makmum, dua makmum, dan tiga makmum
• Simulasi makmum muwafiq dan makmum masbuk
Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Diskusi
• Demonstrasi
• Simulasi
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat jamaah.
• Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan shalat berjamaah.
• Siswa melakukan praktik shalat berjamaah, mensumulasikan shaf makmum, menjadi makmum muwafiq dan makmum masbuk.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Unjuk kerja
Bentuk Instrumen
1. Tes identifikasi
Instrumen
2. Lakukan praktik shalat berjamaah!
Rubrik :
Aspek yang dinilai Indikator kemampuan Nilai
• Bacaan-bacaan, baik bacaan rukun maupun sunah
• Gerakan-gerakan rukun
• Kekhusyu’an / tumakninah / penghayatan • Melaksanakan shalat berjamaah tanpa melakukan kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum. • khusyu’ 100
• kurang khusyu’ 95
• Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan 1-10 kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum. • khusyu’ 90
• kurang khusyu’ 85
• Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan 11-20 kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum. • khusyu’ 80
• kurang khusyu’ 75
• Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan 21-30 kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum. • khusyu’ 70
• kurang khusyu’ 65
• Melaksanakan shalat berjamaah dengan melakukan lebih dari 30 kesalahan ketika menjadi imam maupun makmum. • khusyu’ 60
• kurang khusyu’ 55
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 13.1
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
Kompetensi Dasar : 13.1. Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
Indikator • Menjelaskan pengertian seni budaya lokal
• Menjelaskan pengertian tradisi Islam
• Menyebutkan contoh budaya lokal yang merupakan tradisi islam
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian seni budaya lokal, tradisi Islam, dan menyebutkan contoh budaya lokal yang merupakan tradisi islam
Materi Pembelajaran
• Pengertian seni budaya lokal
• Pengertian tradisi Islam
• Contoh-contoh budaya lokal yang merupakan tradisi islam
Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
• Tutor sebaya
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami budaya dan seni Islam.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian seni dan tradisi Islam.
• Siswa menelaah lebih dalam mengenai seni dan tradisi Islam serta mencari contoh-contohnya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
• Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Jelaskan kriteria seni yang diperbolehkan dalam Islam.
2. Adakah seni yang tidak diperkenankan dalam Islam?
3. Jelasakan maksud budaya Islam!
4. Sebutkan contoh-contoh seni Islami!
5. Sebutkan contoh budaya lokal yang bersumber dari nilai-nilai Islam!
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ Muhammad Ahsan, S.Ag
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 13.2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
Kompetensi Dasar : 13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
Indikator • Menceritakan tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
• Menuliskan apresiasi terhadap tradisi tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menceritakan dan mengapresiasi tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten
Materi Pembelajaran
• Tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
• Apresiasi terhadap tradisi tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Diskusi
• CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
• Siswa berdiskusi untuk berdiskusi tentang tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
• Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Pertemuan kedua
Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
• Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
• Siswa berdiskusi untuk berdiskusi untuk mengapresiasi tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
• Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
• Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga
• LKS MGMP PAI SMP
Penilaian
Teknik
• Tes tertulis
Bentuk Instrumen
• Tes uraian
Instrumen
1. Ceritakan maksud halal bihalal!
2. Ceritakan tradisi dugderan!
3. Kapan dilaksanakan tradisi grebeg besar?
4. Di mana dilaksanakannya tradisi sekaten?
5. Bagaimana apresiasi kamu terhadap tradisi dugderan?
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar